Laman

to night

Aku adalah binatang jalang yang menghembuskan angin kedinginan. apa pun bisa kita lakukan, biarkan Hayal mu melambung tinggi menikmati sensasi lambda sehingga hayalmu menembus batas, bangun ketika kau mulai lelah akan semua, bakarlah dinding-dinding yang membuatmu tidak mempunyai waktu untuk membuka sensasi Lamda. masih ingatkah kita pernah bercerita tentang puncuk-puncuk lambda di ketinggian 200Hez aku telah menemukan seluk beluk lambda. Mari bersama menembus batas normal, yang akan membuka tabir mimpi menjadi kenyataan. aku lambda yang membagunkan dengan Argumentum ad populum, wujud nyata, ilusi, melayang maya membuka tabir biru menjadi sir Lamda






Friday, April 20, 2012

"Didik Nini Thowok: Tarian Lintas Gender Itu Mistis unik"



Dalam dunia seni tari, nama Didik Nini Thowok amat fenomenal. Modalnya tak cuma kemampuan meliukkan anggota badan dan tubuh bak gemulai perempuan, seniman kelahiran Temanggung, Jawa Tengah, 13 November 1954, ini juga hebat dalam menggarap koreografi tarian populer. Diam-diam dia piawai main pantomim, komedi, dan menyanyi. Kadang, ia sengaja tampil dengan ketiga kemampuan itu. Pasti hasilnya luar biasa.
Putra pasangan Hadiprayitno dan Suminah itu sejak kecil lekat dengan seni. Hobi menggambar ia tekuni di bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Saat itu ia pun rajin berlatih menyanyi, terutama tembang Jawa. Namun, tarilah yang benar-benar menenggelamkannya di kubangan seni. Untuk mencapai kemajuan, setamat sekolah menengah atas (SMA), ia menimba ilmu di Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta, cikal bakal Jurusan Tari Institut Seni Indonesia (ISI).
Awal dekade 1980-an, namanya melambung. Hal ini berkat penampilannya pada pentas fragmen tari nini thowok. Nini thowok atau nini thowong adalah semacam permainan rakyat jalangkung yang biasa dimainkan masyarakat Jawa tradisional. Nini thowok sejak itu terus melekat ke mana pun Didik berkarya dan meraih kesuksesan.
Tak ada yang ragu atas dedikasinya di dunia tari. Ratusan penghargaan pernah ia terima. Beberapa karya garapannya, seperti tari Topeng Walang Kekek (1980), Dwimuka (1987), Kuda Putih (1987), Dwimuka Jepindo (1999), dan Topeng Nopeng (1988), jadi bukti keempuannya.
Seniman bernama asli Kwee Tjoen Lian itu menerima kedatangan Singgir Kartana dari Warisan Indonesia di Sanggar Tari Natya Lakshita miliknya di Green Plaza Kav. 7 Jalan Godean Km. 2,8, Yogyakarta, akhir Februari 2012. Berikut petikan wawancaranya.
Kapan Anda mulai menari dengan gaya tarian perempuan?
Sejak sekolah, saya sudah tampil menari. Tapi, kalau tampil dengan pakaian perempuan, dengan sanggul dan kebaya itu, kalau enggak salah tahun tujuh puluh dua. Saat itu, pas acara perpisahan sekolah SMA saya. Saya menari tarian garapan saya sendiri yang saya beri judul Tari Persembahan. Itu merupakan gabungan dua unsur, yaitu Bali dan Jawa.
Anda berguru kepada banyak empu tari tradisional, yang paling berkesan siapa?
Ya, ada lebih dari dua puluh guru yang saya datangi langsung. Di antaranya Ni Ketut Sudjani, I Gusti Gde Raka, Rasimoen, Sawitri, Ni Ketut Reneng, Ibu Suji, empu tari Topeng Cirebon. Saya belajar dari mereka tentang banyak hal. Bukan hanya tari, melainkan juga tentang kearifan. Hampir semua guru tempat saya belajar itu sosoknya rendah hati. Saya juga belajar dari para penari dari negara lain, seperti Sangeeta, Richard Emmert, Sadamu Omura, Jetty Roels, Gojo Masanosuke, serta beberapa nama maestro lain dari sejumlah negara. Semua mengesankan.
Ada kesan khusus yang Anda dapatkan dari para guru itu?
Ya, tentu banyak hal, ya. Akan tetapi, yang paling mengena adalah pesan dari mereka. Intinya, kalau ingin menguasai berbagai gaya tarian, kita mesti melakukan tahapan batin yang disebut emptiness atau mengosongkan diri. Menghilangkan ego kita. Biar cepat menyerap pengetahuan dari guru. Mengosongkan diri tentu berbeda dengan kosong, ya. Mengosongkan diri lebih menekankan pada spirit atau niat menghilangkan ego kita, kesombongan kita, agar terbuka pada hal-hal baru yang belum kita pahami.
Meski tarian Anda berbasis pada tradisi, tetapi tampilan Anda selalu “kocak” dan disukai banyak orang, bagaimana bisa seperti itu?
Itulah pentingnya belajar dari banyak unsur. Kita menjadi kaya referensi. Tapi, yang namanya seni tradisi itu kan kebanyakan sifatnya serius, ya. Kalau kita tampilkan ke khalayak (penonton) yang heterogen, mungkin membosankan. Makanya, saya ramu dalam bentuk koreografi yang menghibur. Misalnya, di sela-sela gerakan serius, saya sisipkan gerakan lucu. Kan jadi segar. Saya senang kalau penonton terhibur.
Bagaimana mengasah kemampuan menarikan tarian perempuan sehingga tampak “nyaris sempurna” sebagaimana Anda lakukan?
Itu proses yang lama saya geluti. Dan, bahkan saya akan terus melakukannya. Begini, sejak kecil, saya memang terbiasa melakukan permainan yang biasa dilakukan para perempuan. Dan, saat mengawali menari, saya lebih condong ke gerakan tari perempuan. Sampai akhirnya saya merasa cocok dengan itu. Koreografi garapan saya juga kebanyakan seperti itu.

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat