Laman

to night

Aku adalah binatang jalang yang menghembuskan angin kedinginan. apa pun bisa kita lakukan, biarkan Hayal mu melambung tinggi menikmati sensasi lambda sehingga hayalmu menembus batas, bangun ketika kau mulai lelah akan semua, bakarlah dinding-dinding yang membuatmu tidak mempunyai waktu untuk membuka sensasi Lamda. masih ingatkah kita pernah bercerita tentang puncuk-puncuk lambda di ketinggian 200Hez aku telah menemukan seluk beluk lambda. Mari bersama menembus batas normal, yang akan membuka tabir mimpi menjadi kenyataan. aku lambda yang membagunkan dengan Argumentum ad populum, wujud nyata, ilusi, melayang maya membuka tabir biru menjadi sir Lamda






Monday, April 9, 2012

"Ayu Laksmi Totalitas “Ni Polos” Mengemban Suara Semesta"


Sontak pintu terbuka lebar. Dari dalam ruangan muncul wanita dalam balutan kain tenun gringsing. Dandanannya mengingatkan pada sosok Ni Polok, penari Bali terkenal pada era 1930-an, yang kemudian menjadi model sekaligus istri Le Mayeur—pelukis dari Belgia yang menetap di Bali.
Halo, akhirnya sampai juga. Susah cari tempatnya, ya?” sambut “Ni Polok modern”, yang melelehkan kepenatan kami setelah satu jam lebih menyusuri jalan-jalan di Denpasar, mencari salon kecantikan Niti’s, tempat Ayu Laksmi didandani agar sesuai dengan pencitraan Ni Polok untuk pemotretan. Bila ketika menjadi lady rocker Ayu biasa mengenakan celana jeans, sekarang penggemar warna putih dan hitam ini lebih suka mengenakan busana tradisional.
“Kain tenun ini asli Tenganan, loh. Koleksi istimewa. Mau keluar dari ruang penyimpanan harus sembahyang dulu,” tutur Ayu Laksmi, menampakkan religiositas Ayu yang kental. Pencapaian rohaninya ia capai lewat proses panjang.
Kelahiran Singaraja, Bali, pada 25 November 1967 ini bernama lengkap I Gusti Ayu Laksmiani. Sebagai bungsu dari empat bersaudara yang dibesarkan seorang ibu, Drg I Gusti Ayu Sri Haryati—karena ayahnya I Gusti Putu Wiryasutha sudah lama meninggal dunia—Ayu tumbuh penuh penjagaan.
“Kemungkinan karena saya anak bungsu, jadi sering dianggap tak mampu. Setiap pengambilan keputusan harus dibantu orang lain, terutama orangtua dan saudara, termasuk memilih pendidikan, memilih model pakaian, rias wajah. Jadi, boleh dikatakan, saya sempat berada di dalam ruang yang ragu dan ada kecenderungan untuk berkata ‘ya’, yang penting orang lain senang,” kata sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Udayana ini.
Menjadi lady rocker adalah bagian dari pemberontakannya. Kebetulan pada 1986, dengan bekal prestasi dalam kontes menyanyi di Bali, seorang produser dari Jakarta membukakan pintu bagi Ayu untuk menjadi lady rocker yang dikenal secara nasional. Setelah lepas dari bayang-bayang keluarga, idealisme sebagai seniman semakin tumbuh. Berlembar-lembar syair digubahnya. Namun, oleh produsernya, semua dianggap terlalu berat untuk pasar musik.
Pada masa ‘ketidakberdayaan’ itu, Ayu kembali ke Bali. Demi hidup, ia yang punya hobi jalan-jalan, menyetir mobil, menikmati alam, dan bergaya di depan kamera ini tak peduli lagi cap artis Ibu Kota yang pernah disandangnya. Ayu berjualan karpet, menjadi penyanyi di kapal pesiar, dan membuka kafe yang akhirnya bangkrut.
“Saya mulai memasuki ruang kemandirian. Bahkan, sering jadi kelewatan mandirinya, sampai-sampai sering mengundang kekhawatiran orangtua dan saudara-saudara saya. Sering ada pernyataan ‘leave me alone, let me decide it by myself’ dalam pikiran saya, walau itu tak terucapkan.”

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat