Laman

to night

Aku adalah binatang jalang yang menghembuskan angin kedinginan. apa pun bisa kita lakukan, biarkan Hayal mu melambung tinggi menikmati sensasi lambda sehingga hayalmu menembus batas, bangun ketika kau mulai lelah akan semua, bakarlah dinding-dinding yang membuatmu tidak mempunyai waktu untuk membuka sensasi Lamda. masih ingatkah kita pernah bercerita tentang puncuk-puncuk lambda di ketinggian 200Hez aku telah menemukan seluk beluk lambda. Mari bersama menembus batas normal, yang akan membuka tabir mimpi menjadi kenyataan. aku lambda yang membagunkan dengan Argumentum ad populum, wujud nyata, ilusi, melayang maya membuka tabir biru menjadi sir Lamda






Wednesday, September 21, 2011

Bagaimana cara menjadi ranking 1 di google dengan cara mudah dan cepat?

Bagaimana cara menjadi ranking 1 di google  dengan cara mudah dan cepat? Rahasianya adalah dengan menentukan keyword apa yang akan kita kejar. Untuk menjadi nomor satu di hasil pencarian google bisa jadi mudah dan bisa pula sulit tergantung keyword yang kita incar. Kalau keyword yang dipertaruhkan terlalu berat saingannya maka kita akan sulit menjadi ranking 1. Tapi kalau keywordnya mudah tentu usaha yang diperlukan pun ringan sehingga dalam hitungan hari website kita dah bisa bertengger di nomor 1 , minimal halaman 1.
Untuk mengindentifikasi sebuah keyword di google biasanya saya menggunakan beberapa tool. Kali ini yang saya pakai adalah google adword keyword tool . Selain datanya lengkap juga bisa dipercaya.Pencarian keyword yang tepat merupakan fondasi dasar dalam SEO , sehingga saya perlu terangkan hal ini. Karena beberapa toturial lain saya juga menggunakan metode yang saya bahas sekarang.

Mengetahui jumlah pencari keyword dengan google keyword tool

Tahap pertama kita harus menghitung hasil pencarian perbulan menggunakan google keyword tool, ikuti langkah berikut :
1. Buka google adword keyword tool. kalau kesulitan mengingat alamatnya cukup ketikan kata “google keyword” di google.com bakal ketemu di nomor 1 hasil pencarian. Jangan lupa kalau punya akun adword login, kalau belum punya lebih baik registrasi dulu-gratis. Kenapa? Karena hasil yang diberikan akan berbeda ketika kamu login google adword keyword tool. Bila login estimasi yang diberikan merupakan perkiraan traffik di google, bila tidak login estimasinya masih kasar karena ditambah dengan pencarian powerd by google di search engine lain.
2. masukan kata kunci yang akan anda uji pada kolom word or phrase. ketikan keyword acak sesuai yang diminta tool sebagai verifikasi lalu klik tombol “search”.
menjadi ranking 1 google pake google adword keyword tool
3. Walaupun hasil jumlah pencari sudah keluar tapi hasil ini masih mental. Ubahlah Locations (Target lokasi ) dan Languages (target bahasa) di menu Advanced Options untuk mengetahui hasil pencarian secara lebih spesifik sesuai target yang anda inginkan. Misalkan anda mencari kata kunci dari bahasa indonesia untuk lokasi indonesia. Kemudian klik “search” sekali lagi.
4. Setelah itu, pada sidebar di bagian kiri terdapat menu “Match Type”. Klik pilihan [Exact]. hal ini untuk mengetahui hasil pencarian yang menggunakan tanda petik ” _”. faktanya pencarian hasil Exact lebih sedikit dan lebih sulit diperoleh. sehingga kalau anda bisa menjadi ranking satu di keyword exact kemungkinan besar anda bisa dengan mudah di keyword Board ataupun Phrase.

Penjelasan Hasil Pencarian Google Keyword Tool

Biar gak bingung melakukan analisis sendiri, berikut beberapa keterangan yang dikeluarkan oleh google keyword tool. liat dulu gambarnya nanti dicocokan dengan ketengan nya biar gak linglung.
menjadi ranking 1 google pake google adword keyword toolkolom pertama keyword : Isinnya keyword yang sedang diresearch, tersedia pula alternatif keyword. dalam satu kali research google keyword tool bakal ngasih 100 keyword yang berhubungan ( 2 halaman).
kolom dua competition : Kompetisi pesaing dalam hal ini adalah pengiklan google. karena ini tool sebetulnya digunakan bagi pengiklan google adwords.
Kolom ketiga Global Monthly Searches : jumlah pencari secara global dalam sebulan. semakin banyak berarti semakin besar potensial traffik yang bakal datang.
Kolom keempat Local Monthly searches : pada gambar di atas sengaja dibuat tidak kelihatan agar anda tahu bahwa sebetulnya anda bisa mengaktifkan kolom-kolom lainnya. fungsinya menampilkan pencarian perbulan berdasarkan lokal negara yang telah anda tentukan di Advanced Options .

Kriteria Keyword yang profitable bagaimana?

kalao  menurut saya tergantung dengan kebutuhan websitenya. apakah untuk blog, minisite affiliate, toko online dan juga sumber penghasilannya nanti. Bagi saya pribadi lebih suka milih yang di atas 100o pencarian untuk lokal monthly search. kalau keywordnya di bawah 1000 gak bakalan saya ambil.

Analisis Website Pesaing

Untuk bertempur di medan perang kita harus tahu siapa musuh kita , supaya bisa mempersiapkan strategi yang matang. Begitu juga dalam hal SEO, supaya bisa jadi nomor satu di google sebaiknya pilihlah keyword dengan pesaing yang rendah dan jangan berani ngelawan keyword dengan pesaing kelas kakap.
Yang perlu diperhatikan dalam menilai website pesaing ada 3 hal.
  1. Jumlah website hasil pencarian. Setelah memperoleh keyword yang ingin diincar buka google.com atau google.co.id, google.c.uk, google.co.my (untuk meneliti pesaing local). Kalau jumlah website hasil pencarian di bawah 1 juta anda masih punya kesempatan jadi halaman 1 dengan mudah. Bila target anda adalah pasar lokal jangan lupa melihat pesaing di google lokal.
  2. Jumlah pagerank website-website di halaman pertama. Idealnya total pagerank 10 website di halaman pertama maksimal adalah 30 . Kenapa harus minimal 30? kalau totalnya 30, berarti rata-rata pagerank website adalah 3. kenyataanya website dengan pagerank 3 masih bisa dikalahkan oleh webiste ber-pagerank 1 bahkan nol asalkan optimasi SEO onpagenya bagus. Kalau ada salah satu website dengan pagerank dia atas 3 itu alamat posisinya sulit dikalahkan, selanjutnya terserah anda.
  3. Domain web pesaing. perhatikan apakah ada  website yang memakai keyword tersebut persis sebagai domain. Kalau ada website yang memakai keyword yang anda riset sebagai domain itu pertanda website tersebut bakalan jadi musuh bebuyutan seperti halnya website dengan pagerank tinggi. misalkan keyword yang anda incar adalah “blog indonesia”, kalau sudah ada website dengan domain blogindonesia.com berarti sudah kehilangan satu kursi posisi di halaman pertama google.
  4. Analisis tambahan : Kalau ingin mantap coba cek hasil pencarian di google menggunakan kode “intitle:keyword yang diincar” kalau hasil pencarian lebih dari 100.000  pertanda persaingan berat.

Take action jadi ranking satu di google dengan adwords keyword tool

semua yang ditulis tadi baru teorinya, sekarang taktik perangnya adalah :
  1. Cari keyword dengan total pencari bulanan yang lumayan banyak, ini berhubungan dengan traffik yang akan diterima . gunakan keyword tool.
  2. Lihat jumlah website pesaing hasil pencarian di google, carilah keyword dengan website pesaing di bawah 1 juta.
  3. Perhatikan pagerank website pesaing di halaman pertama. Hindari keyword dengan website pesaing berpagerank di atas 3. Untuk mengetahui pagerank secara cepat silahkan anda install plugin SEO untuk browser Mozilla, saya rekomendasikan menggunakan SEO Quake . karena loading yang cepat dan info yang mencukupi. cara installnya mudah cukup klik install ikuti aja petunjuk yang diminta , bila telah selesai tutup browser mozilla firefox lalu buka lagi, alias direstart. begitu selesai , setiap anda melakukan pencarian di google, akan keluar informasi SEO yang anda butuhkan dari setiap website.
  4. Agar cepat di bertengger di halaman 1 google gunakan keyword yang anda incar sebagai domain website anda.
  5. Buat website menggunakan wordpress dan theme yang seo friendly. buat konten yang unik dan seo friendly.
  6. Pasang backlink Linkwheel minimal dari 5 website di dalam artikel. kalau kesulitan cari aja backlink sebanyak-banyaknya.
dengan 5 komponen di atas dijamin blog atau website anda bisa jadi nomor 1 di google atau paling tidak di halaman pertama tergantung seberapa kuat backlink yang anda bangun dan berapa besar nilai SEO artikel yang anda tulis.
Memang untuk mengidentifikasi sebuah keyword tidak mudah dan butuh waktu, tapi jika dicoba terus anda bakal bisa mengetahui mana keyword yang cocok untuk anda. Maksud kata “dicoba terus” adalah dicoba sampai membuat websitenya dan bertempur di medan SEO, bukan hanya main ketik keyword di google tapi gak sampai praktik nyata membuat website.
Sulit atau tidak tergantung kekuatan pesaing dan senjata SEO anda. Misalkan anda pingin jadi nomor satu tapi hanya menggunakan blogger.com tentu lebih sulit dibanding kalau pakai blog wordpress. Agar anda lebih memahami masalah ini silahkan baca artikel saya yang berjudul FAKTA SEO yang mengerikan , agar konten yang anda tulis benar-benar 100% SEO friendly gunakan plugin SEO yang mendukung blog saya masuk halaman 1 google dengan cepat

Saturday, September 17, 2011

Inilah Mitos Tempat-tempat Paling Angker di Sekitar Gunung Merapi


Tempat-tempat yang paling angker di Gunung Merapi adalah:

1. Kawah Merapi
Kawah ini merupakan istana dan pusat keraton makhluk halus Gunung Merapi.

2. Pasar Bubrah
Di bawah puncak Gunung Merapi ada daerah batuan dan pasir yang bernama “Pasar Bubrah” yang oleh masyarakat dipercaya sebagai tempat yang sangat angker. “Pasar Bubrah” tersebut dipercaya masyarakat sebagai pasar besar Keraton Merapi dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi makhluk halus.

3. Gunung Wutoh
Bagian dari keraton makhluk halus Merapi yang dianggap angker adalah Gunung Wutoh yang digunakan sebagai pintu gerbang utama Keraton Merapi. Gunung Wutoh dijaga oleh makhluk halus yaitu “Nyai Gadung Melati” yang bertugas melindungi linkungan di daerah gunungnya termasuk tanaman serta hewan.

4. Sekitar makam Sjech Djumadil Qubro
Selain tempat yang berhubungan langsung dengan Keraton Merapi ada juga tempat lain yang dianggap angker. Daerah sekitar makam Sjech Djumadil Qubro merupakan tempat angker karena makamnya adalah makam untuk nenek moyang penduduk dan itu harus dihormati.

5. Lain-lain Tempat
Selanjutnya tempat-tempat lain seperti di hutan, sumber air, petilasan, sungai dan jurang juga dianggap angker. Beberapa hutan yang dianggap angker yaitu “Hutan Patuk Alap-alap” dimana tempat tersebut digunakan untuk tempat penggembalaan ternak milik Keraton Merapi, “Hutan Gamelan dan Bingungan” serta “Hutan Pijen dadn Blumbang”. Bukit Turgo, Plawangan, Telaga putri, Muncar, Goa Jepang, Umbul Temanten, Bebeng, Ringin Putih dan Watu Gajah.

Beberapa jenis binatang keramat tinggal di hutan sekeliling Gunung Merapi dimiliki oleh Eyang Merapi. Binatang hutan, terutama macan putih yang tinggal di hutan Blumbang, pantang ditangkap atau dibunuh.

Selanjautnya kuda yang tinggal di hutan Patuk Alap-alap, di sekitar Gunung Wutoh, dan di antara Gunung Selokopo Ngisor dan Gunung Gajah Mungkur adalah dianggap/dipakai oleh rakyat Keraton Makhluk Halus Merapi sebagai binatang tunggangan dan penarik kereta.

Di puncak Merapi ada sebuah Keraton yang mirip dengan keraton Mataram, sehingga di sini ada organisasi sendiri yang mengatur hirarki pemerintahan dengan segala atribut dan aktivitasnya. Keraton Merapi itu menurut kepercayaan masyarakat setempat diperintah oleh kakak beradik yaitu Empu Rama dan Empu Permadi.

Seperti halnya pemerintahan sebagai sebagai Kepala Negara (Empu Rama dan Empu Permadi) melimpahkan kekuasaannya kepada Kyai Sapu Jagad yang bertugas mengatur keadaan alam Gunung Merapi.

Berikutnya ada juga Nyai Gadung Melati, tokoh ini bertugas memelihara kehijauan tanaman Merapi. Ada Kartadimeja yang bertugas memelihara ternak keraton dan sebagai komando pasukan makhluk halus. Ia merupakan tokoh yang paling terkenal dan disukai penduduk karena acapkali memberi tahu kapan Merapi akan meletus dan apa yang harus dilakukan penduduk untuk menyelamatkan diri. Tokoh berikutnya Kyai Petruk yang dikenal sebagai salah satu prajurit Merapi.

Begitu besarnya jasa-jasa yang telah diberikan oleh tokoh-tokoh penghuni Gunung Merapi, maka sebagai wujud kecintaan mereka dan terima kasih terhadap Gunung Merapi masyarakat di sekitar Gunung Merapi memberikan suatu upeti yaitu dalam bentuk upacara-upacara ritual keagamaan. Sudah menjadi tradisi keagamaan orang Jawa yaitu dengan mengadakan selamatan atau wilujengan, dengan melakukan upacara keagamaan dan tindakan keramat.

Upacara Selamatan Labuhan diadakan secara rutin setiap tahun pada tanggal kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono X yakni tanggal 30 Rajab. Upacara dipusatkan di dusun Kinahrejo desa Umbulharjo. Di sinilah tinggal sosok Mbah Marijan sebagai juru kunci Gunung Merapi yang sering bertugas sebagai pemimpin upacara labuhan. Gunung Merapi dan Mbah Marijan adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Keberadaan lelaki tua Mbah Marijan dan kawan-kawannya itulah manusia lebih, mau membuka mata dan telinga batinnya untuk melihat apa yang tidak kasad mata di sekitar Gunung Merapi.

Di Selo setiap tahun baru Jawa 1 Suro diadakan upacara Sedekah Gunung, dengan harapan masyarakat menjadi aman, tentram dan sejahtera, dengan panen yang melimpah. Upacara ini disertai dengan menanam kepala kerbau di puncak Merapi atau di Pasar Bubra

Mitos Mbah Petruk Gunung Merapi


foto: inilah.com
Warga di sekitar Gunung Merapi memiliki beragam mitos, antara lain mitos Mbah Petruk. Maka, saat  Letusan besar Gunung Merapi Senin (1/11) asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan Petruk, penduduk langsung gempar dan menyebut Mbah Petruk sedang menagih janji.Siapa Mbah Petruk?

Penampakan awan Mbah Petruk sebelum letusan Merapi terekam kamera Suswanto (40). warga Dusun Anom, Desa Sudimoro. Kecamatan Srumbung. Magelang. Jawa Tengah. Suswanto mengaku mengambil foto tersebut Senin pukul 05.00 dari rumahnya. "Seusai salat Subuh, begitu melihat puncak Merapi saya melihat ada awan yang bentuknya aneh. Langsung saja saya aba-dlkan awan itu dengan kamera digital," katanya.

Sugiharto, tokoh masyarakat Dusun Sudimoto, Gangkringan, Kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan bahwa kemunculan Mbah Petruk yang sedang tertawa menandai akan terjadinya letusan besar. Menurut, kepercayaan warga fereng Merapi, kata Sugiharto, Mbah Petruk adalah sosok jelma-an dari kisah Sabdo Palon Noyo Genggong, salah satu penasihat Prabu Brawijaya, seperti tertulis dalam Serat Darmo Gandul dan ramalan Joyoboyo.

Beberapa sesepuh dan orang-orang tua desa menyatakan jika sudah terlihat kepala Mbah Petruk atau Nyai petruk yang sudah menagih janjinya maka akan terjadi letusan di puncak Gunung Merapi yang sangat besar.

Mitos itu terkait cerita tentang kekecewaan Raja Majapahit, Brawijaya terhadap Kerajaan Demak dalam kisah Sabdo Palono Genggong. Brawijaya saat itu ingin menyepi di Gunung Lawu namun diusir. Brawijaya akhirnya bersemedi di puncak Merapi.

Saat menyepi di Merapi, Brawijaya bertemu dengan seorang wanita tua yang konon disebut Nyai Petruk atau Mbah Petruk. "Mbah Petruk kemudian mengeluarkan sabda jika Ada pemimpin di sekitar Merapi yang tidak benar dirinya akan menagih janji," ujar Sugihartono.

Sugihartono menjelaskan dalam foto itu Mbah Petruk menghadap ke Selatan. Ini artinya letusan Merapi yang terbesar akan menimpa di Yogjakarta dan sekitarnya.

"Kucir belakang dan hidung tajamnya menghadap ke selatan, Yogjakarta. Maka diperkirakan yang akan mendapat akibat besar adalah kota Yogjakarta dan sekitarnya," tegas Sugiharto.

Vivanews mewawancarai mantan Guru Besar Ilmu Filsafat Universitas Gadjah Mada, Prof. Damarjati Rabu, 3 November 2010." Petruk dalam masyarakat Jawa khususnya dunia pewayangan dilambangkan sebagai rakyat. Namun ketika dimainkan Dalang, wajah atau hidung petruk selalu menghadap ke kiri ke arah dalang, bukan ke arah sebaliknya," katanya. 

Menurut dia, jika wajah petruk sudah mengarah ke kanan,  itu merupakan lambang kemarahan. Petruk yang dijadikan sebagai lambang rakyat itu melambangkan kemarahan rakyat terhadap pemimpinnya.

Lalu apa maksud penampakan awan Mbah Petruk di atas Merapi? Ia menilai foto itu sebagai pertanda akan kemarahan rakyat akan sebuah penindasan, kemiskinan, ketidakadilan, dan ketidaksejahteran yang telah dilakukan oleh pemimpinnya.

"Arah wajah Petruk ke kanan itu memang mengarah ke arah selatan sisi Merapi yakni Sleman, Yogyakarta. Jadi luapan kemarahan itu akan lebih dikeluarkan ke arah Selatan," jelas pria yang juga penasehat Keraton Yogyakarta ini.

Damarjati menambahkan, aktivitas Gunung Merapi yang tak henti-hentinya mengeluarkan awan panas merupakan ibarat kemarahan yang luar biasa dari rakyat terhadap si penguasa. "Jadi wajar jika aktivitas Merapi terus meningkat dan tidak dapat dihentikan," imbuhnya.

Di balik itu semua, Damarjati berharap ini menjadi sebuah pelajaran penting bagi pemimpin agar tidak lupa akan janji-janjinya terhadap rakyat. Bagi masyarakat di lereng Merapi, sosok Petruk memiliki mitos dan misteri sendiri. Mereka menyakini Gunung Merapi dikuasai sosok gaib yaitu Mbah Petruk. Mitos itu dipercaya secara turun-temurun.

Hanya Karena Kerinduan: Kumpulan Photo Kuli Bangunan

Hanya Karena Kerinduan: Kumpulan Photo Kuli Bangunan

Kamera yang saya gunakan adalah kamera HP China, mereknya Cross. Saya memotret ini pada tahun 2010, tanggal dan bulannya lupa, hanya untuk iseng saja. Tapi, tidak disangka, saya sekarang begitu terharu melihat photo ini. Entah karena rindu sama bapak saya (bapak saya mandor kuli bangunan), atau karena perjuangan manusia untuk mencari kehidupan demi menafkahi diri sendiri dan keluarga.

















Filosofi dan Asal Usul Nasi Tumpeng






Tumpeng merupakan sajian nasi kerucut dengan aneka lauk pauk yang ditempatkan dalam tampah (nampan besar, bulat, dari anyaman bambu). Tumpeng merupakan tradisi sajian yang digunakan dalam upacara, baik yang sifatnya kesedihan maupun gembira.

Tumpeng dalam ritual Jawa jenisnya ada bermacam-macam, antara lain : tumpeng sangga langit, Arga Dumilah, Tumpeng Megono dan Tumpeng Robyong. Tumpeng sarat dengan symbol mengenai ajaran makna hidup. Tumpeng robyong disering dipakai sebagai sarana upacara Slametan (Tasyakuran). Tumpeng Robyong merupakan symbol keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan. Tumpeng yang menyerupai Gunung menggambarkan kemakmuran sejati. Air yang mengalir dari gunung akan menghidupi tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang dibentuk ribyong disebut semi atau semen, yang berarti hidup dan tumbuh berkembang.

Pada jaman dahulu, tumpeng selalu disajikan dari nasi putih. Nasi putih dan lauk-pauk dalam tumpeng juga mempunyai arti simbolik, yaitu:

Nasi putih: berbentuk gunungan atau kerucut yang melambangkan tangan merapatmenyembah kepada Tuhan. Juga, nasi putih melambangkan segala sesuatu yang kita makan, menjadi darah dan daging haruslah dipilih dari sumber yang bersih atau halal. Bentuk gunungan ini juga bisa diartikan sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita pun semakin “naik” dan “tinggi”.

Ayam: ayam jago (jantan) yang dimasak utuh ingkung dengan bumbu kuning/kunir dan diberi areh (kaldu santan yang kental), merupakan symbol menyembah Tuhan dengan khusuk (manekung) dengan hati yang tenang (wening). Ketenangan hati dicapai dengan mengendalikan diri dan sabar (nge”reh” rasa). Menyembelih ayam jago juga mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk (yang dilambangkan oleh, red) ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada anak istri.

Ikan Lele: dahulu lauk ikan yang digunakan adalah ikan lele bukan banding atau gurami atau lainnya. Ikan lele tahan hidup di air yang tidak mengalir dan di dasar sungai. Hal tersebut merupakan symbol ketabahan, keuletan dalam hidup dan sanggup hidup dalam situasi ekonomi yang paling bawah sekalipun.

Ikan Teri / Gereh Pethek: Ikan teri/gereh pethek dapat digoreng dengan tepung atau tanpa tepung. Ikan Teri dan Ikan Pethek hidup di laut dan selalu bergerombol yang menyimbolkan kebersamaan dan kerukunan.

Telur: telur direbus pindang, bukan didadar atau mata sapi, dan disajikan utuh dengan kulitnya, jadi tidak dipotong – sehingga untuk memakannya harus dikupas terlebih dahulu. Hal tersebut melambangkan bahwa semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievaluasi hasilnya demi kesempurnaan.
Piwulang jawa mengajarkan “Tata, Titi, Titis dan Tatas”, yang berarti etos kerja yang baik adalah kerja yang terencana, teliti, tepat perhitungan,dan diselesaikan dengan tuntas. Telur juga melambangkan manusia diciptakan Tuhan dengan derajat (fitrah) yang sama, yang membedakan hanyalah ketakwaan dan tingkah lakunya.

Sayuran dan urab-uraban: Sayuran yang digunakan antara lain kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, kluwih dengan bumbu sambal parutan kelapa atau urap. Sayuran-sayuran tersebut juga mengandung symbol-simbol antara lain:
kangkung berarti jinangkung yang berarti melindung, tercapai.
Bayam (bayem) berarti ayem tentrem,
taoge/cambah yang berarti tumbuh,
kacang panjang berarti pemikiran yang jauh ke depan/innovative,
brambang (bawang merah) yang melambangkan mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya,
cabe merah diujung tumpeng merupakan symbol dilah/api yang meberikan penerangan/tauladan yang bermanfaat bagi orang lain.
Kluwih berarti linuwih atau mempunyai kelebihan dibanding lainnya.
Bumbu urap berarti urip/hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga.

Pada jaman dahulu, sesepuh yang memimpin doa selamatan biasanya akan menguraikan terlebih dahulu makna yang terkandung dalam sajian tumpeng. Dengan demikian para hadirin yang datang tahu akan makna tumpeng dan memperoleh wedaran yang berupa ajaran hidup serta nasehat. Dalam selamatan, nasi tumpeng kemudian dipotong dan diserahkan untuk orang tua atau yang “dituakan” sebagai penghormatan. Setelah itu, nasi tumpeng disantap bersama-sama. Upacara potong tumpeng ini melambangkan rasa syukur kepada Tuhan dan sekaligus ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan.

Ada sesanti jawi yang tidak asing bagi kita yaitu: mangan ora mangan waton kumpul (makan tidak makan yang penting kumpul). Hal ini tidak berarti meski serba kekurangan yang penting tetap berkumpul dengan sanak saudara. Pengertian sesanti tersebut yang seharusnya adalah mengutamakan semangat kebersamaan dalam rumah tangga, perlindungan orang tua terhadap anak-anaknya, dan kecintaan kepada keluarga. Di mana pun orang berada, meski harus merantau, harusa lah tetap mengingat kepada keluarganya dan menjaga tali silaturahmi dengan sanak saudaranya.

Mungkin sebaiknya, adakan selamatan dan buatlah nasi tumpeng di Istana Negara, dan Bapak Presiden dapat menguraikan terlebih dahulu makna yang terkandung dalam sajian tumpeng. Dengan demikian para hadirin yang datang terutama para pejabat, tahu akan makna tumpeng dan memperoleh wedaran yang berupa ajaran hidup serta nasehat.

Gini Jadinya Kalau Superhero Dunia Lagi Gak Punya Pekerjaan

Wonder Woman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Batman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Robin
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Plasticman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Green Lantern
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Spyro
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Superman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Spiderman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Catwoman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Thing
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Flash
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Aquaman
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

Hulk
Ketika Superhero di Dunia ini Pensiun (Gokil)

10 Tanda Cewek Berbohong


Dengan tegas wanita menolak ia masih mengingat mantan kekasihnya. Bisa jadi wanita tengah berbohong. Setiap wanita pasti pernah mengenang kehilangan cinta, meskipun hubungan yang sedang dijalani baik-bak saja.
Banyak cara untuk mengetahui apakah pasangan pria berbohong. Namun, jangan salah, saat Anda berbohong tandanya juga bisa dideteksi pria. John DeVore, penulis 'Mind of Man' menuturkan sebenarnya lebih mudah mendeteksi kebohongan pada wanita, asal tahu tanda-tandanya. Berikut beberapa sinyal kebohongan yang dapat diperhatikan dari gerak-gerik kaum hawa seperti dikutip dari Your Tango.

1. Bahasa tubuh menggoda
Saat seorang wanita ingin mengalihkan perhatian dari sesuatu, ia akan berubah menjadi lebih seksi dan menggoda pasangan. Tujuannya agar pasangan pria lupa.
10 Tanda Cewe Berbohong

2. Kejutan tidak menyenangkan
Jika tidak merasa menyukai hadiah atau melakukan sesuatu yang buruk, wanita akan mengganti rasa bersalahnya dengan sebuah kejutan. Memberi hadiah atau bunga tanpa alasan bisa menjadi barometer ada sesuatu yang ia sembunyikan.

3. Tanggapan berbeda
Apakah Anda menanggapi pertanyaan dan keingintahuan pasangan dengan santai atau sebaliknya? Penjelasan yang terbata-bata atau emosional tanpa sebab bisa menjadi tanda-tanda Anda sedang berkelit.

4. Bahasa terlalu formal
Anda menyatakan alasan kepada kekasih hampir seperti pada orang yang tak dikenal. Hati-hati, si dia bisa merasa pernyataan Anda seperti pidato yang telah dipersiapkan dan sangat berhati-hati.
http://3.bp.blogspot.com/_pd4bjPFLJZM/TA17JAeHS5I/AAAAAAAAFzU/OaRK0IxLIFQ/s320/62294_kok__suami_hilang_selera__300_225.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_zGMTJ3F94Y4/S6DeNvQS1LI/AAAAAAAAAEY/ztWMLNGA8rI/s320/Wanita-Berbohong.jpg5. Menunjukkan sikap bermusuhan
Anda yang langsung emosi dan marah saat ditanya mengenai sesuatu menunjukkan sikap defensif. Jika benar-benar peduli, Anda akan menghapus semua tuduhan itu dengan menjawab pertanyaan apa adanya.

6. Bahasa tubuh
Gelisah, menghindari kontak mata dengan pasangan dan gerakan berulang-ulang adalah pertanda buruk wanita menyembunyikan sesuatu.

7. Selalu berbohong
Biasanya wanita hampir selalu berbohong kepada orang lain untuk kepentingannya sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin pasangan juga menjadi salah seorang korban karakternya yang berkompromi terhadap kebohongan.

8. Menghilangkan detil cerita
Wanita bercerita panjang lebar namun tidak menyertakan detil-detilnya. Seringkali dengan bahasa tubuh yang gugup.

9. Mengaku tak pernah memikirkan mantan


10. Pria perlu dengarkan kata hati
Pria perlu mendengarkan naluri bila berpikir ada sesuatu yang mencurigakan. Lebih baik tanyakan pada wanita untuk menghindari paranoia. Namun, jika pria masih merasa sesuatu tidak beres setelah mendengar penjelasan dari pihak wanita, kemungkinan besar memang ada sesuatu yang terjadi.


Syair Cinta Laila Majnun Yang Sangat Menyentuh (Bahasa Cinta)






Di tulis oleh seorang sufi Persia iaitu Hakim Nizami Ganjavi. Kisah Laila Majnun adalah kisah antara Imra’il Qais dan Laila. Ini adalah kisah perjalanan seorang sufi untuk sampai kepada Tuhannya, pada proses cinta, dimana kecintaan telah membuat Majnun menanggalkan keegoannya, memandang dirinya dan penciptanya sebagai sebuah kesatuan yang tak terpisah, sehingga mencapai tahap peniadaan diri.
Kita dihadapkan pada perjuangan yang bukan saja menembus batas harga diri, tetapi juga mengorbankan darah dan nyawa dari orang-orang yang berpihak. Perjalanan Majnun mencintai Laila, perasaan Laila terhadap Majnun, syair2 yang berada diantara mereka, pilihan hidup mereka yang mempengaruhi orang2 di sekitar mereka, secara keseluruhan menggambarkan berbagai sisi kehidupan.
Bukankah suatu kegilaan bila kita terbakar selamanya dalam nyalaan api. ? Bukankah suatu kegilaan jika tidak makan dan tidur sedikitpun. ? Semakin ubat dicari semakin parah sakitnya.. Begitu dekat, namun terasa begitu jauh..
Hanya kata “Laila” yang sangat berarti. Ketika orang membicarakan hal lain, ia akan menutup telinganya dan mengunci mulutnya.
Katakan padanya: “Orang yang telah mengorbankan segalanya untuk-Mu menyampaikan salam dari jauh. Titipkan sehembus nafas-Mu melalui sang angin untuk memberitahu dia bahawa engkau masih memikirkannya.”
“Oh lilin jiwaku jangan kau siksa diri ku, ketika aku mengelilingimu, kau telah memikatku, kau telah merampas tidurku, akalku juga tubuhku.”
Laila adalah cahaya fajar, Majnun adalah sebatang lilin Laila adalah keindahan, Majnun adalah kerinduan Laila menabur benih cinta, Majnun menyiraminya dengan air mata Laila memegang cawan anggur cinta, Majnun berdiri mabuk oleh aromanya
“Aku bagaikan orang yang kehausan, kau pimpin aku menuju sungai Eufrat, lalu sebelum sempat aku minum, kau menarikku dan kembali ke kawasan panas membara, padang pasir yang tandus !..
Kau mengajakku ke meja jamuan, tapi tidak pernah mempersilakanku makan ! mengapa kau menampakkannya kepadaku di awal, jika tidak pernah berniat untuk membiarkan aku memiliki hartaku.?”
“Aku melihat matanya dalam matamu, lebih hitam dari kegelapan. Namun bayangannya tidak akan kembali oleh hanya kesamaan. Kerana apa yang telah hilang dariku tidak akan digantikan. Dan yang tersisa hanyalah kenangan yang menyakitkan.”
“Setiap hembusan angin membawa harumanmu untukku. Setiap kicauan burung mendendangkan namamu untukku. Setiap mimpi yang hadir membawa wajahmu untukku. Aku milikmu, aku milikmu, jauh maupun dekat. Dukamu adalah dukaku, seluruhnya milikku, di manapun ia tertambat.”
Di alam ini semua hal ditakdirkan untuk binasa, tidak ada yang abadi. Namun, jika Anda “mati” sebelum Anda mati, berpaling dari dunia dan kemunafikan wajahnya, Anda akan meraih keselamatan dalam kehidupan yang abadi. Terserah pada Anda: Anda adalah penentu bagi takdir Anda sendiri. Pada akhirnya kebaikan akan bersatu dengan kebaikan dan keburukan dengan keburukan. Ketika rahasia Anda diteriakkan dari puncak gunung dan gaungnya kembali, Anda akan mengenali suara itu sebagai suara Anda sendiri..
Jalan kita berbeza dan tidak akan pernah bertemu.. Kau adalah sahabat bagi dirimu sendiri. Diriku adalah musuh terbesarku.
Apakah kau fikir akulah yang kau lihat dihadapamu ?.
Kau membayangkan bahawa kau melihatku,
tapi dalam kenyataannya aku tidak ada lagi.
Aku telah tiada dan hanya yang dicintai yang kini tersisa.
Akhirnya seorang sufi bermimpi melihat Majnun berada di samping Tuhan, dan Tuhan membelai-belai kepala Majnun dengan penuh kecintaan dan kasih sayang. Majnun disuruh duduk di samping Tuhan, lalu Tuhan berkata: “Tidakkah engkau malu memanggil Aku dengan nama Laila setelah kau teguk anggur cinta-Ku? “ sufi itu terbangun dalam keadaan cemas, Ia melihat posisi Majnun, tetapi di manakah Laila.. ? Tuhan mengilhamkan dalam hatinya, bahwa posisi Laila lebih tinggi lagi, karena Laila menyembunyikan kisah cinta dalam hatinya.
Laila..
berlalu masa,saat orang meminta pertolonganku
dan sekarang adakan seseorang penolong
yang akan memberitahu rahsia jiwaku pada Laila?
wahai Lailacinta telah membuatkan aku lemah tak berdaya
sperti anak hilang,jauh dari keluarga dan tidak
memiliki harta..
wahai angin
sampaikan salam ku pada Laila!tanyakan padanya adakah dia masih mahu berjumpa dgnku?
bukankah aku telah berkorban kebahagianku kerananya?
hingga diri ini terbiar,sengsara di padang pasir gersang..
wahai kesegaran pagi yang murni dan indah,
mahukah kau sampaikan kerinduanku pada Laila?
belailah rambutnya yang hitam berkilau,
untuk mengungkapkan dahagacinta yg memenuhi hatiku..
wahai angin mahukah kau membawa keharuman rambutnya kepada ku? sebagai pelepas rindu di hati..

Sejarah Jalaluddin Rumi


Jalaluddin Rumi, penyair mistik terbesar Persia, dilahirkan tahun 1207 di Balkh, sebuah kota provinsi Khurasan, Persia Utara. Pada saat itu kota ini berkembang dengan baik di bawah kekuasaan Muhammad, Shah terbesar dari dinasti Khawarizmi yang kekuasaannya sebagaimana digambarkan oleh E.G.Browe,"meliputi Pegunungan Ural di sebelah utara sampai ke Teluk Persiadi sebelah selatan, dan dari Sungai Indus di sebelah timur sampai dengan sungai Efrat di sebelah Barat." Keluarga dari mana penyair ini berasal setelah menetap di Balkh selama beberapa generasi, keluarga ini sangat terhormat serta, menurut para penulis biografinya, memperlihatkan rangkaian tokoh yang berhasil di bidang hukum dan keagamaan. Sepanjang yang dapat diketahui dengan pasti, sejarahnya di mulai dari kakeknya yang terkenal, yang dinyatakan sebagai keturunan dari Arab1 dan berakhir pada Abu Bakar, khalifah pertama dalam masyarakat Islam.

Sekalipun biografi Rumi model timur, sebagaimana halnya dengan kehidupan orang suci Persia lainnya, sebagian besar merupakan legenda, sementara karya-karyanya sendiri tidak menyumbangkan apapun yang berkenaan dengan fakta-fakta historis. Tetapi kita masih beruntung memiliki beberapa sumber informasi yang tua, yang relatif dapat dipercaya kebenarannya2. Sketsa berikut, berdasarkan bahan-bahan utama yang ada, secara singkat memberikan garis besar kehidupan Rumi dan melukiskan beberapa kejadian yang menjadi sumber antusiasme mistis serta inspirasi puitisnya.

Pada tahun 1219, ketika Jalaluddin Rumi berusia 12 tahun, ayahnya, Bahauddin Walad, secara tiba-tiba bersama keluarganya meninggalkan Balkh dan melakukan perjalanan menuju barat. Alasan yang dinyatakan orang (secara positif tetapi tanpa bukti) mengenai kepindahan ini, sebagai akibat dari inspirasi Ilahi maupun intrik manusiawi, tentu saja fiktif. Tidak dapat diragukan lagi bahwa Bahauddin, seperti ribuan orang lainny, melarikan diri sebelum datangnya gerombolan Mongol yang sangat mengerikan , yang tengah membumi hanguskan Khurasan dan sudah mendekati kota asalnya. Berita tentang penjarahan ini sampai di tempat-tempat yang asing dalam perjalanan mereka menuju Baghdad atau tempat lain di Baghdad ke Mekkah, saat mereka menuju ke Damaskus dan akhirnya menetap di Rum (Turki).

Rumah mereka yang pertama adalah Zarandah, kira-kira 40 mil sebelah tenggara Konya, dan di situ Jalaluddin Rumi menikah. Pada tahun 1226 lahirlah anaknya yang tertua, Sultan Walad. Kemudian Bahauddin beserta keluarganya pindah ke Konya yang merupakan ibokota kerajaan Bani Saljuk Barat, dan disanalah dia wafat pada tahun 1230. Dikisahkan bahwa dia telah menjadi seorang teolog yang terkenal, seorang guru dan khatib besar yang dimulikan oleh para muridnya dan sangat dihormati oleh pihak kerajaan karena bertindak sebagai penuntun spiritualnya. Sekitar waktu inilah Burhanuddin Muhaqqiq at Tirmizi seorang petani murid Burhanuddin ketika masih tingal di Balkh tiba di Konya. Di bawah pengaruhnya dikatakan bahwa, Jalaluddin yang sekarang berusia 25 tahun menjadi sangat bergairah kepada disiplin dan ajaran-ajaran para Sufi (orang-orang lelaki atau perempuan yang berusaha menyatukan diri mereka dengan Tuhan). Selama 10 tahun berikutnya ia mencurahkan diri untuk meniru Pir-nya dan mengalami seleruh maqam kehidupan Tasawuf, sehingga karena Burhanuddin wafat pada tahun 1420, maka dia memanku jabatan Syeikh, sehingga dengan demikian mulailah, sekalipun tidak di rencanakan terlebih dahulu langkah untuk menciptakan persaudaraan antar murid. Pribadi Rumi memang sangat menarik dan jumlah muridnya terus bertambah.

Sisa hidupnya, sebagaimana yang digambarkan oleh anaknya sendiri, terbagi menjadi 3 masa, yang setiap masanya ditandai keintiman mistis untuk mencapai tingkat "Manusia Sempurna",yaitu seorang dari orang-orang suci yang mencerminkan sifat-sifat Ilahi, sehingga pencinta itu melihat dirinya sendiri dengan cahaya Tuhan, dirinya dengan kekasihnya bukanlah dua melainkan satu. Pengalaman seperti ini terbentang dalam setiap inti Teosofi Rumi, yang secara langsung maupun tidak langsung mengilhami seluruh puisinya. Dalam syair naratif anaknya, yang adalah juga seorang sufi hal itu secara hati-hati digunakan untuk mencapai maksud yang luas karena unsur alegori. Sekalipun demikian serta merta ia akan menolak seluruh sejarah sebagai fiksi orang alim, mengingat bahwa pada saat ia di tulis toh ada juga saksi hidup yang dapat mengatakan apakah itu fakta atau bukan, sebagaimana yang telah mereka saksikan sendiri.

Pada tahun 1244 seorang sufi pengembara, yang diketahui keturunannya dengan Syamsuddin at-Tabrizi datang ke Konya. Dalam diri orang asing inilah Jalaluddin menemukan menemukan bayangan sempurna dari kekasih Tuhan yang telah lama di cari-carinya. Rumi membawanya ke rumah dan untuk satu dua tahun lamanya mereka tinggal bersama, tidak dapat dipisahkan. Sultan Walad menampakkan persahabatan suci yang mengasyikkan antara ayah dengan " orang suci yang tersembunyi" ini dengan perjalanan Nabi Musa yang terkenal dalam persahabatannya dengan Nabi Khidir (Al-Quran,xviii, 64-80), orang bijak yang oleh para sufi dipandang sebagai penerang (hierophant) utama dan penunjuk jalan menuju Tuhan. Sementara itu, para murid Maulevi (Mevlevi)3 Rumi dihentikan pengajarannya dan di stop dialog mereka dengan sang guru. Mereka marah sekali atas kesetiaan sang guru yang terus berlangsung hanya kepada Syamsuddin yang lalu menyerang "pengacau" itu dengan perlakuan kejam dan ancaman yang keras. Akhirnya Syamsuddin pergi ke Damaskus, namun di bawa kembali atas keberhasilan Sultan Walad yang diutus mencarinya oleh Jalaluddin yang sangat terganggu oleh hilangnya sahabat yang paling akrab. Karena itu para muridnya "menyatakan penyesalan" dan di maafkan. Tak lama kemudian, bagaimanapun juga kecemburuan mereka mulai mengusik lagi yang menyebabkan Syamsuddin mencari perlindungan ke Damaskus untuk kedua kalinya dan kembali lagi Sultan Walad mengundang untuk memulihkan keadaan. Akhirnya, mungkin pada tahun 1247, orang aneh itu menghilang tanpa meniggalkan jejak.

Sultan Walad menggambarkan secara hidup kegairahan dan meluap-luapnya emosi yang membanjiri ayahnya pada saat itu.

"Tidak pernah sejenakpun dia berhenti mendengarkan musik (sama'), dan menari ;
Tidak pernah dia melepaskan lelah baik siang maupun malam.
Telah menjadi seorang mufti: dia menjadi penyair;
Telah menjadi seorang pertapa: ia menjadi mabuk oleh cinta.
Bukanlah anggur biasa: jiwa yang terang hanya meneguk anggur cahaya".

Di sini Sultan Walad menyinggung Diwan-i Syamsi-i Tabriz (Lirik-lirik Syamsuddin at-Tabrizi), kumpulan ode mistik yang di gubah oleh Jalaluddin atas nama Syamsuddin dan dipersembahkan untuk mengenang sahabat karibnya yang telah tiada. Baris pertama tidak menegaskan, kecuali mungkin hanya memberikan kesan mengenai ucapan para ahli yang menyatakan bahwa kesedihan atas hilangnya Syamsuddin at-Tabrizi menyebabkan Jalaluddin melembagakan tarian religius Mevlevi yang khas dengan iringan syahdu seruling bambu.

Masa selanjuntya (sekitar 1252-1261) kehidupan Ruhani Jalaluddin bagai seorang yang pingsan berkali-kali samapi akhir hayatnya. Untuk beberapa tahun setelah hilangnya Syamsuddin, ia mencurahkan semuanya kepada Shalahuddin Faridun Zarkub, yang sebagai pengganti (khalifah)-nya telah memberikan petunjuk-petunjuk untuk tugas sebagai pelatih bagi para pembantu dalam upacara Tarekat Mevlevi.

Atas kematian Shalahuddin (sekitar 1261) gairah puitisnya menemukan sumber inspirasi yang baru dan melimpah pada murid lainnya, Husamuddin Hasan ibn Muhammad ibn Hasan ibn Akhi turk, seorang yang namanya secara mistis dihubungkan dengan karya terbesarnya Masnawi (syair epik) yang terkenal. Ia menyebut Masnawi sebagai "buku Husam" dan menyamakan dirinya seperti sebuah seruling di atas kedua bibir Husamuddin yang terus mengalirkan "musik lengkingan yang ia ciptakan". Selama 10 tahun terakhir dari kehidupan sang penyair, pengikut yang disayanginya ini bertindak sebagai Khalifah-nya, sampai Rumi wafat tahun 1273, yang kemudian menggantikannya sebagai pimpinan Tarekat Mevlevi, sebuah martabat yang dipegangnya hingga 1284. Baru setelah itu Sultan Walad menggantikan kedudukannya.

Dari tangan pertama inilah cerita tentang kehidupan Rumi disampaikan dalam bentuk syair oleh anaknya dan para penulis biografinya menambah sedikit cerita yang dapat dipertimbangkan, baik bagi perlunya maupun validitasnya. Dari Aflaki serta lainnya kitamendengar bahwa Rumi adalah penunjuk, pemikir dan teman yang tidak hanya bagi menteri Mu'inuddin, Parwanah (Gubernur) Rum, tetapi juga bagi tuan rajanya sendiri, Sultan Ala 'uddin. Bagaimanapun hal ini menunjukkan bahwa ia beserta kelompok orang-orang sufi memperoleh bantuan serta posisi untuk tetap bertahan menghadapi serangan atas ajaran mereka. Penyair ini mengambil sikap yang tegas sesuai dengan kritik-kritik ortodoksnya. Ia menyebut mereka sebagai "orang-orang tolol" dan "anjing-anjing kampung yang menyalak di tengah malam".

Tipe Platonis tentang cinta mistis talah diusahakan oleh para Sufi jauh sebelum sajak Jalaluddin Rumi menyatakan bahwa dirinya dan Syamsuddin Tabriz adalah "dua tubuh dengan satu jiwa". Dalam persatuan jiwa-jiwa yang saling mencintai ini seluruh perbedaan menjadi hilang, tiada yang tinggal kecuali hanya kesatuan essensial cinta, dimana "pencinta" dan "kekasih" telah menggabungkan identitas keterpisahannya. Dalam sebuah lirik-lirik Diwan-i Syams-i Tabriz, Rumi tentu saja mempergunakan nama Syams sepertinya Syamsuddin dan dirinya telah mejnadi identik dengan satu orang. Meskipun bagi kita figur Syamsuddin mungkin tampak tidak substansial, namun kita tidak dapat menerima (menyetujui) pandangan beberapa sarjana modern yang mengatakan bahwa Syamsuddin tidak lebih sebagai personifikasi dari kecakapan puitis dan mistis Jalaluddin sebagai suatu padanan kata bahasa timur dari "Muse". Mereka yang menyetujui teori ini secara logis harus memperluasnya sehingga termasuk juga Shalahuddin dan Husamuddin serta hampir tidak dapat terhindari implikasi bahwa Sultan Walad telah menciptakan tiga karakter imaginer untuk memainkan peranan utama dalam kehidupan ayahnya serta dalam membangun Tarekat Mevlevi. Orang-orang barat yang mempelajari Diwan dan Masnawi akan menarik kembali suatu garis paralel batas-batas itu dengan cara lain. Tidakkah Dante mengubah roman Donna Gentil yang merupakan obyek dari keinginan romantisnya ke kebijaksanaan langit dan keagunggannya di bawah nama Beatrice?

1. Nama kakek Jalaluddin Rumi adalah Jalaluddin Husain al-Khatib.
2. Materi yang sangat penting mengenai biografi Rumi adalah Ibtida-namah (Buku Pendahuluan), sebuah syair naratif panjang yang disusun oleh anak Rumi sendiri, Sultan Walad. Informasi yang berharga terkandung juga dalam Manaqib al 'Arifin (Kebajikan orang-orang 'Arif)-nya Aflaki, murid dari cucu lelaki sang penyair Chelebi 'Arif, yang oleh C.Huart diterjemahkan sebagai Les Saints des derviches Tourneurs (Paris 1918-1922). Lagipula, juga ada beberapa buku seperti Fihi ma Fihi ( Di dalamnya apa yang ada di dalamnya) diterbitkan di Teheran dan Azam garh,1928. Dan Maqalat-i Syams-i Tabriz (Wejangan-wejangan Syamsuddin at-Tabrizi) yang sekalipun hanya sedikit memberi keterangantentang kehidupannya, jelas menerangkan gagasan-gagasan serta ajaran-ajaran sang penyair. Di zaman modern sarjana Persia Badi' az-Zaman Furuzanfar telah menulis studi kritis yang sangat berharga tentang kehidupan Rumi, Syarh-i hal-i Maulana (Biografi Tuan Kami), Teheran,1932. Dan Dr. H.Ritter yang telah menyumbangkan sebuah resensi biobibliografi semua tokoh (di Der Islam,1940-1942) yang sama bagusnya dengan yang diperlukan oleh orang-orang yang berkepentingan dalam bidang penelitian ini.
3. Gelar untuk para pengikut Rumi, diantara mereka disebut sebagai Maulana (Tuan Kami). Mevlevi adalah lafaz (bahasa) Turki untuk Maulawi.

”Pengalaman Mistik Kaum Sufi”

[ oleh: Prof. Dr. NURCHOLISH MADJID (Alm.) ] Tabloid Tekad No.18/II Minggu lalu, Prof Annemarie Schimmel –seorang tokoh kaliber dunia, ahli Islam dari Jerman– menyampaikan tiga orasi ilmiah mengenai Tasawuf (Sufisme) di Jakarta. Kunjungannya disambut dengan penuh minat oleh para pecinta Tasawuf. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita sedikit merefleksikan arti tasawuf dan kehidupan kaum Sufinya dalam orientasi keagamaan kita.
Nabi Muhammad s.a.w. sering disebut sebagai seorang Rasul yang paling berhasil dalam mewujudkan misi sucinya. Bukti yang biasa dipakai untuk mendukung penilaian itu ialah hal-hal yang bersifat sosial-politik, khususnya dalam bentuk keberhasilan ekspansi-ekspansi militer. Dan Nabi Muhammad s.a.w., sama halnya dengan beberapa Nabi yang lain seperti Musa dan Dawud a.s., adalah seorang “Nabi Bersenjata” (Armed Prophet), sebagaimana dikatakan oleh sosiolog terkenal, Max Weber.
Oleh karena kenyataan itu, ada sementara ahli yang hendak mereduksi misi Nabi Muhammad s.a.w. sebagai tidak lebih daripada suatu gerakan reformasi sosial, dengan program-program seperti pengangkatan martabat kaum lemah (khususnya kaum perempuan dan budak), penegakan kekuasaan hukum, usaha mewujudkan keadilan sosial, tekanan kepada persamaan umat manusia (egalitarianisme), dan lain-lain.
Dalam pandangan mereka yang parsial itu, Nabi Muhammad s.a.w. tidak bisa disamakan dengan Nabi `Isa al-Masih, karena ajaran Nabi Muhammad tidak banyak mengandung kedalaman keruhanian pribadi. Mereka berpendapat bahwa Nabi Muhammad s.a.w. lebih mirip dengan Nabi Musa a.s. dan para Rasul dari kalangan anak turun Nabi Ya`qub (yang bergelar Isra-El), yang mengajarkan tentang betapa pentingnya berpegang kepada hukum-hukum Taurat (Talmudic Law).
Padahal, di samping segi sosial-politik itu, Islam –seperti ditunjukkan dalam Al-Qur’an– juga banyak menegaskan pentingnya orientasi keruhanian yang bersifat ke dalam dan mengarah kepada pribadi. Justru sudah menjadi kesadaran para sarjana Islam sejak dari masa-masa awal bahwa Islam adalah agama pertengahan (wasath), yakni antara di satu pihak agama Yahudi yang legalistik dan banyak menekankan orientasi kemasyarakatan itu dan, di pihak lain, agama Kristen yang spiritualistik dan sangat memperhatikan kedalaman olah serta pengalaman ruhani serta membuat agama itu lembut. Seperti dikatakan oleh Ibn Taymiyyah, “Syari`ah Taurat didominasi oleh ketegaran, dan Syari`ah Injil didominasi oleh kelembutan; sedangkan Syari`ah Al-Qur’an menengahi dan meliputi keduanya itu.”
Maka, sebagai bentuk pertengahan dan sekaligus antara kedua agama pendahulunya itu, Islam mengandung ajaran-ajaran hukum dengan orientasi kepada masalah-masalah tingkah laku manusia secara lahiriah seperti pada agama Yahudi, tapi juga mengandung ajaran-ajaran keruhanian yang mendalam seperti pada agama Kristen.
Bahkan sesungguhnya antara keduanya itu tidak bisa dipisahkan, meskipun bisa dibedakan. Artinya, ketika seorang Muslim dituntut untuk tunduk kepada suatu hukum tingkah laku lahiriah, ia diharapkan, malah diharuskan, menerimanya dengan ketulusan yang terbit dari lubuk hatinya. Ia harus merasakan ketentuan hukum itu sebagai sesuatu yang berakar dalam komitmen spiritualnya.
Kenyataan ini tecermin dalam susunan kitab-kitab fiqih, yang selalu dimulai dengan bab pensucian (thaharah) sebagai awal perjalanan pensucian batin. Walaupun tetap ada kemungkinan orang mengenali mana yang lebih lahiriah, dan mana pula yang batiniah.
Sebenarnya, sudah sejak zaman Rasulullah s.a.w. sendiri terdapat kelompok para Sahabat Nabi yang lebih tertarik kepada hal-hal yang bersifat lebih batiniah itu. Disebut-sebut, misalnya, kelompok ahl al-Shuffah, yaitu sejumlah Sahabat yang memilih hidup sebagai faqir dan sangat setia kepada masjid. Tidak heran bahwa kelompok ini, dalam literatur kesufian, sering diacu sebagai teladan kehidupan saleh di kalangan para Sahabat.
Al-Qur’an sendiri juga memuat berbagai firman yang merujuk kepada pengalaman spiritual Nabi. Misalnya, lukisan tentang dua kali pengalaman Nabi bertemu dan berhadapan dengan Malaikat Jibril dan Allah. Yang pertama ialah pengalaman beliau ketika menerima wahyu pertama di gua Hira’, di atas Bukit Cahaya (Jabal Nur). Dan yang kedua ialah pengalaman beliau dengan perjalanan malam (isra’) dan naik ke langit (mi`raj) yang terkenal itu.
Kedua pengalaman Nabi itu dilukiskan dalam Kitab Suci (Q. 53: 1-18) demikian:
Demi bintang ketika sedang tenggelam
Sahabatmu sekalian itu tidaklah sesat atau pun menyimpang
Dan ia tidaklah berucap karena menurutkan keinginan
Itu tidak lain adalah ajaran yang diwahyukan
Diajarkan kepadanya oleh Jibril yang kuat perkasa
Yang bijaksana, dan yang telah menampakkan diri secara sempurna
Yaitu ketika ia berada di puncak cakrawala
Kemudian ia pun mendekat, dan menghampiri
Hingga sejarak kedua ujung busur panah, atau lebih dekat lagi
Lalu Tuhan wahyukan kepada hamba-Nya apa yang diwahyukan-Nya
Tidaklah jiwa (Nabi) mendustakan yang dilihatnya sendiri
Apakah kamu semua akan membantahnya tentang yang ia saksikan?
Padahal sungguh ia telah menyaksikan pada lain kesempatan
Yaitu didekat Pohon Sidrah (Lotus), di alam penghabisan
Di sebelahnya ada Surga tempat kediaman
Ketika Pohon Sidrah itu diliputi cahaya tak terlukiskan
Penglihatan Nabi tidak bergoyah, dan tidak pula salah arah
Sungguh ia telah menyaksikan tanda-tanda Tuhannya yang Agung tak terkira.
Bagi kaum Sufi, pengalaman Nabi dalam Isra-Mi`raj itu adalah sebuah contoh puncak pengalaman ruhani. Justru ia adalah pengalaman ruhani yang tertinggi, yang hanya bisa dipunyai oleh seorang Nabi. Namun kaum Sufi berusaha untuk meniru dan mengulanginya bagi diri mereka sendiri, dalam dimensi, skala, dan format yang sepadan dengan kemampuan mereka.
Hal ini dikarenakan inti pengalaman itu ialah penghayatan yang pekat akan situasi diri yang sedang berada di hadapan Tuhan, dan bagaimana ia “bertemu” dengan Dzat Yang Maha Tinggi itu. “Pertemuan” dengan Tuhan, dengan sendirinya, juga merupakan puncak kebahagiaan, yang dilukiskan dalam sebuah hadis sebagai “sesuatu yang tak pernah terlihat oleh mata.”
Hal ini karena dalam pertemuan tersebut segala rahasia kebenaran “tersingkap” (kasyf) untuk sang hamba, dan sang hamba pun lebur serta sirna (fana’) dalam Kebenaran. Oleh karena itu, Ibn ‘Arabi, misalnya, melukiskan “metode” atau thariqah-nya sebagai perjalanan ke arah penyingkapan Cahaya Ilahi, melalui pengunduran diri (khalwah) dari kehidupan ramai.
Hidup dengan “pengunduran diri” dan sikap penuh kepasrahan tersebut memang bisa mengesankan kepasifan dan eskapisme. Akan tetapi, sebagai dorongan hidup bermoral, pengalaman mistis kaum Sufi sebetulnya merupakan suatu kedahsyatan. Karena itulah ajaran Tasawuf juga disebut sebagai ajaran akhlak.
Dan akhlak yang hendak mereka wujudkan ialah yang merupakan “tiruan” akhlak Tuhan, sesuai dengan sabda Nabi yang mereka pegang teguh, “Berakhlaklah kamu semua dengan akhlak Allah.” Wallahualam bissawab

makam Kawah Tengkurep



Makam kawah tengkurep adalah makam keluarga Sultan Mahmud Badarudin. Makam ini terletak di simpang tiga boom baru, konon, pintu di kawah tengkurep ini tidak mempunyai engsel. Makam ini banyak dikunjungi oleh peziarah maupun murid-murid untuk menambah wawasannya...

Foto Kecelakaan Istri Saiful Jamil | Foto Mayat Virginia Istri Saiful jamil


Foto Kecelakaan Istri Saiful Jamil, Foto Mayat Virginia Isti Saiful jamil seperti yang kita ketahui bahwa pada hari sabtu lalu pedangdut saiful jamil mengalami kecelakaan maut dimana kecelakaan tersebut merenggut nyawa istrinya yang baru di nikahi 6 bulan yang lalu, bagi yang penasaran pengen melihat foto kecelakaan istri saiful jamil berikut ini saya berikan fotonya untuk anda seklain
Dikabarkan bahwa Virginia istri saiful jamil tersebut tewas di tempat kejadian kecelakaan dimana akibat kecelakaan tunggal tersebut istri siful harus menghembuskan nafas terakhir, dan bagi yang penasaran pengen melihat kondisi jasad atau mayat Virginia saat kejadian berikut ini ada satu foto yang memperlihatknya

Kronologi kecelakaan yang dialami saiful jamil sendiri kurang lebih seperti berikut ini.

Saipul Jamil dan Virginia istrinya menurut salah satu portal berita adalah berawal dari perjalanan kembali ke Jakarta setelah merayakan Idul Fitri di Bandung 09.00 WIB mengendarai Avanza bersama 9 kerabatnya. Mobil yang di sopiri Saipul tersebut hilang keseimbangan di Tol Purbaleunyi KM 97 sekitar pukul 10.00 WIB kemudian menabrak pembatas jalan di bagian kanan. Dan kecelakaan tersebut mengakibatkan Virginia yang baru di nikahi saipul jamil 6 bulan yang lalu meninggal dunia.


Sampai sekarang belum di ketahui secara jelas apa penyebab kecelakaan saiful jamil tersebut yang mengakibatkan istinya meninggal dunia di tempat tersebut
Foto mayat Virginia isti saiful jamil.
Foto Jasad Virginia Istri Saiful Jamil
Foto kecelakaan Istri Saiful Jamil
Dari foto kecelakaan istri saiful jamil tersebut bisa kita ketahui betapa dasyatnya tabrakan tunggal yang terjadi, karena dari foto jenazah istri saiful jamil tersbut kita bisa melihat gambaran dari kecelakaan tersebut,

Semoga arwah dari Virginia di terima di sisi Allah SWT, dan semoga keluarga yang di tinggalkan di berikan ketabahan,

Harta Karun Soekarno !


HARTA karun peninggalan mantan presiden Soekarno selama ini masih misteri, bahkan tak sedikit yang meragukannya. Kasus kegagalan pencarian harta peniggalan Prabu Siliwangi di Istana Batutulis beberapa waktu lalu, sepertinya memupus harapan orang untuk memercayai hal-hal yang sulit dibuktikan kebenarannya.


Namun lelaki yang menyebut diri satria piningit bernama Soenuso Goroyo Soekarno mengaku dapat mengangkat peninggalan Presiden Pertama RI itu. Bentuknya berupa ratusan keping emas lantakan, platinum, sertifikat deposito obligasi garansi, dan lain-lain. ”Ini baru sampel dan silakan mengecek kebenarannya. Jika bohong, saya siap digantung,” katanya, Jumat kemarin, kepada pers.
Mantan anggota TNI yang dahulu bernama Suwito itu sengaja mengundang wartawan di rumahnya, Perumahan Cileungsi Hijau, daerah perbatasan Bogor-Bekasi, untuk menyaksikan temuannya. Di rumahnya yang cukup megah disiapkan hidangan layaknya orang hajatan. Maklum, Goroyo, begitu dia biasa disapa, juga mengundang Pangdam Jaya, Kapolda, dan anggota Muspida. Tetapi dari mereka, tak ada pejabat datang.
Kepada tamunya, suami RA Lastika ini memperlihatkan peti besar berisi ratusan keping emas lantakan, masing-masing beratnya 8 ons bergambar Soekarno dan di baliknya ada gambar padi dan kapas. Pada satu sisinya ada tulisan 80 24K 9999. Sementara itu emas putih (platinum) juga berbentuk lantakan berlogo tapal kuda putih bertulisan JM Mathey London. Logam itu dibungkus emas dan bersertifikat emas pula.
Meskipun bersertifikat dan diyakini keasliannya, pada kesempatan itu tidak dihadirkan orang yang mengetahui emas atau pakar yang bisa memastikan asli atau tidak harta benda tersebut.
Memberi Kuasa
Peninggalan lain berupa sertifikat deposito bertanggal 16 Agustus 1945 yang dikeluarkan oleh BPUPKI yang menyebut sejumlah harta yang disimpan di suatu tempat. Ada pula sertifikat berbahasa Inggris yang juga disegel dan ditulis di atas lembar kuningan. Sertifikat itu ada yang bertuliskan ”Hibah Substitusi” yang dipercayakan kepada R Edi Tirwata Dinata (108).Yang terakhir ini, konon karena sudah tua, lantas memberikan kuasa kepada R Anton Hartono untuk mengurus harta benda yang disimpan di Swiss. Bentuknya mikrofilm, dua lembar dokumen, anak kunci boks deposit di JBS, Jenewa, dan dua buah koin.

Di dalam sertifikat itu disebutkan, ada dana berjumlah 126,2 miliar dolar AS dan 63,10 miliar dolar AS.”Insya Allah, jika saya diberi izin, semua harta peninggalan Bung Karno ini bisa membayar utang kita. Saya yakin bisa melaksanakannya,” ungkap Goroyo sembari membantah dirinya paranormal. Dia juga membantah berambisi menjadi presiden atau jabatan politis lain. ”Semua saya lakukan dan beberkan untuk membangun negara kita,” tegasnya.Saat mendekati rumahnya, di pintu gerbang perumahan dan di depan rumahnya terpampang spanduk putih bertulisan merah,

”Satrio Piningit Soenuso Goroyo Soekarno sang Juru Selamat Telah Hadir di Bumi Indonesia.”Namun wartawan yang datang sejak pukul 11.00, baru diterima seusai shalat jumat. Goroyo mengenakan stelan jas putih, sepatu putih, mirip yang dikenakan Presiden Soekarno.Di ruang tamunya juga dipajang foto dirinya bersama seorang jenderal. Ada pula yang memperlihatkan saat dirinya menjadi anggota Batalyon Arhanud SE 10/Kodam Jaya. Namun, dia enggan membeberkan latar belakang jati dirinya. ”Saya ini orang susah. Jadi tentara pangkatnya juga di sini (memegang lengannya). Jika saya pakai pakaian seperti ini, hanya model. Kebetulan saya suka,” tuturnya.
Proses Pencarian
Goroyo mengemukakan, dia hanya ingin ada saksi dari aparat soal harta temuannya itu. Selanjutnya akan diserahkan kepada Presiden Megawati dan diharapkan bisa melunasi utang luar negeri pemerintah. ”Saya tidak ingin imbalan apa pun termasuk jabatan. Saya hanya butuh pengakuan dan surat kuasa untuk meneruskan pencarian harta ini. Namun tampaknya Kapolda dan Kapolri berhalangan.”
Dia menceritakan proses pencarian harta tersebut. Diawali dari kebiasaannyabertirakat di berbagai tempat, lantas mendapatkan petunjuk. Petunjuk awal adalah sebuah tongkat wasiat yang diyakini tongkat komando milik Presiden Soekarno yang kemudian disimpannya hingga kini.Selanjutnya, dengan tirakat pula, secara gaib harta benda itu bisa diangkat dari beberapa daerah di Bali, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan. ”Meskipun benda ini kini nyata, tapi awalnya adalah harta gaib. Jadi, mengambilnya juga dengan cara gaib. Saya tidak boleh memilikinya. Saya diperintahkan menyerahkan kepada negara untuk menyelamatkan bangsa,” paparnya.Ketika disinggung, kenapa justru membeberkan kepada wartawan, bukan langsung menyerahkan kepada pemerintah, Goroyo menyatakan dirinya sudah capai berhubungan dengan pejabat. Awalnya dia melapor kepada Presiden Megawati, tapi tidak digubris. Kemudian kepada mantan atasannya, Kol Art Harus Putri Osa, Dan Men Arhanud I Kodam Jaya, ke Mabes TNI, bahkan juga dilaporkan kepada anggota DPR Permadi SH.
Namun semua seperti tidak menghiraukannya. ”Karena itu, saya mengundang rekan-rekan wartawan untuk menyaksikan langsung,” ujar Goroyo sembari menegaskan, sebagai satria piningit dirinya mengemban tugas menyelamatkan bangsa. Sebutan satria itu dia jelaskan, tidak ada kaitannya dengan ramalan yang pernah diucapkan Permadi bahwa negeri ini akan dipimpin satria piningit.